Loading...

Untapped Batik

Untapped Batik adalah satu istilah baru yang diciptakan oleh Founder Mahestri, khusus untuk mendefinisikan batik-batik yang belum terlalu dikenal publik. Untapped batik ini menjadi bagian dari keragaman batik Indonesia.

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.

Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka batik mengalami transformasi, dari Pulau Jawa, menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Proses pembuatan batik dilakukan dengan melibatkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal daerah setempat sehingga sekarang ini kita bisa memperoleh batik dengan corak lebih beragam dan sangat khas, mulai dari Batik Aceh, Batik Kebumen, hingga Batik Papua.

Dari beragam motif batik tersebut, ada sejumlah untapped batik yang belum memperoleh perhatian luas publik. Saat ini Mahestri aktif mempromosikan beberapa untapped batik