Loading...

Tentang Mahestri

Dalam bahasa Jawa, Mahestri memiliki arti kata Perempuan Tangguh. Para pembatik, perempuan tangguh Indonesia, menghasilkan karya seni batik tulis Indonesia, yang kadang kala memakan waktu hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan untuk selembar kain batik tulis.

Mengusung konsep sociopreneur, Mahestri memiliki misi mempromosikan untapped batik Indonesia, yaitu batik yang belum terlalu dikenal publik. Selama ini publik lebih akrab dengan batik dari daerah Yogya, Solo, Pekalongan, Cirebon dll. Padahal begitu banyak keindahan di untapped batik ini…

Saat ini Mahestri aktif mempromosikan beberapa untapped batik, yaitu Batik Salem Brebes (Brebesan), Batik Batang, Batik Tegalan, Batik Banyumasan, Batik Gumelem dan Batik Wonogiren. Semuanya berasal dari Jawa Tengah.

Sebagai bagian dari upaya menarik perhatian publik akan untapped batik, maka mulai tahun 2017 kami berkolaborasi dengan SylvieRomy MathArt+ Design untuk mengembangkan desain batik baru yang lebih kontemporer. Ide desain motif batik Salem Mahestri
merujuk pada kearifan lokal Brebes. Signature design Mahestri yang pertama diberi nama Batik Salem Mahestri yang sejatinya diilhami dari bebek penghasil telor asin khas Brebes. Ya, Brebes terkenal dengan bebek, telor asin dan bawang merah. Bentuk desain Batik Salem Mahestri juga akan terlihat seperti huruf S, dan desain ini juga bisa diartikan sebagai desain logo daerah Salem, yang merupakan daerah penghasil batik di Brebes.

Budaya Kita adalah Tanggung Jawab Kita.

Sesuai dengan semangat sociopreneur, maka kami mencoba meningkatkan nilai keekonomian untapped batik ini menjadi produk fashion, juga produk turunan pendukung seperti handbag dan clutch. Selanjutnya kami akan masuk ke modest wear dan home decor sebagai opsi pengembangan usaha. Harapan kami, Mahestri bisa menggerakkan sebanyak mungkin para pengrajin untapped batik sebagai suatu kegiatan berwirausaha yang memiliki misi utama menciptakan social impact bagi para pengrajin untapped batik.

Batik Salem Mahestri
Design batik : SylvieRomy
Khusus untuk Mahestri